--> Skip to main content

Kenali Ciri Akun Facebook Palsu Dengan Mudah

Akun Facebook Palsu

TAYANGLAGI.WEB.ID – Saat ini media sosial terpopuler di Indonesia Facebook bukan lagi sekedar buat media pertemanan namun sudah berkembang menjadi media yang multifungsi. Bisa untuk jualan, Promosi, Marketplace bahkan untuk kepentingan Politik seperti menjelang pemilu atau Pilkada.

Kemudahan membuat akun facebook terkadang dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kejahatan, menipu atau menyebarkan berita Hoax.
Jika Anda sering berinteraksi diFacebook baik itu sekedar eksis, mengelola halaman atau Grup atau jualan difacebook rasanya penting sekali untuk mengenali akun facebook yang asli atau palsu.

Harapannya tetu saja jika suatu saat Anda bertemu dengan akun semacam ini akan selalu waspada.
Jangan sampai kejadian yang merugikan menimpa Anda gara-gara berurusan dengan akun facebook palsu. Contohnya saja saat Anda jualan difacebook kemudian ada yang memesan barang dengan sistem COD, tak taunya Cuma dikerjain sama akun palsu ini, Anda sudah capek mengantar taunya orderan fiktif.

Nah... mengingat pentingnya hal tersebut pada artikel kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara mengenali ciri akun facebook Palsu dengan mudaah. Simak Informasi selengkapnya berikut ini:

Ciri-Ciri Akun Facebook Palsu : 


1.Aktivitas Abnormal

 Menurut Director Global Politic & Goverment Outreach Facebook Katie Harbath akun palsu biasanya memiliki perilaku abnormal. Ia mencontohkan, biasanya akun palsu langsung menambah teman, posting artikel dan membagikan post dalam jumlah yang sangat banyak.

Facebook sendiri sebenarnya sudah memiliki sistem kecerdasan buatan dan mengklaim telah menghapus 753,7 juta akun palsu secara global dari kuartal ketiga 2018 hingga kuartal pertama 2019. Akun-akun palsu ini telah non aktifkan secara otomatis sebelum ada laporan dari pengguna. Namun begitu namanya juga sistem tetap ada celah atau Bug sehingga akaun-akaun palsu tersebut masih bisa lolos.

2.Lihat Foto Profil

Akun palsu lebih mudah dideteksi dengan melihat foto profilnya jika menggunakan foto asli misalnya foto jepretan kamera kemungkinan besar akun asli apalagi jika di galeri fotonya juga menampilkan foto foto lain yang sama hanya beda lokasi atau bersama dengan teman atau keluarga.

Akun palsu ini cenderung akan menggunakan hal-hal yang negatif sehinga mustahil jika dia menggunakan foto asli. Tapi jangan salah meski menggunakan foto manusia belum tentu akun asli karena bisa saja dia menggunakan foto orang lain.

Hal ini bisa dicek dengan bantuan fitur pencarian foto Google. Jika dalam penelusarannya ternyata Google menampilkan situs-situs dewasa, sudah pasti akun tersebut palsu atau foto tersebut ternyata foto orang lain misalnya dari situs berbagi foto.

2.Menggunakan Foto Profil Cewek Seksi


Jika Anda menemukan akun Facebook yang menggunakan gambar cewek seksi aau cowok ganteng patut diduga itu akun palsu. Tujuannya tentu agar pengguna lain akan mengkonfirmasi permintaan pertemanan bahkan tak jarang setelah dikonfirmasi langsung PM.

Berhati-hatilah jika akan menambahkan teman dengan akun semacam ini tak jarang akun tersebut mengirim pesan yang tidak-tidak, jika Anda merespon bisa saja nantinya Anda diperas. Ada juga yang ujung-ujungnya menawarkan obat-obat dewasa.

3.Cek Aktifitas Akun

Sejatinya orang yang membuat akun facebook ingin eksis didunia maya melalui statusnya, Nah jika ada akun yang timelinenya tidak ada sama sekali atau jarang aktifitas patut dicurigai sebagai akun palsu.

Meskipun ada statusnya perlu juga dilihat apakah ada interaksinya misalnya like atau komentar. Akun-akun palsu seringkali memposting Url Spam secara berkala.

Jika akun tersebut hanya ADD teman baru, mengajak Like halaman, atau meminta anda join kegroup tertentu patut diduga itu adalah akun palsu yang ingin memiliki banyak teman guna mempromosikan sesuatu.

4.Menggunakan Nama-Nama yang Aneh

Tujuan membuat Akun facebook tentunya agar mendapatkan teman baru atau dikenal orang lain. Jika Ada kaun yang mengugunakan nama akun ayng aneh-aneh, Asing atau singkat sama saja akun tersebut ingin menyembunyikan jati dirinya.

Memang tidak semua akun facebook menggunakan nama asli sesuai KTP namun biasanya menggunakan nama depan atau nama anaknya.
Jika Anda mendapatkan ajakan pertemanan dari akun semacam ini coba cek poin-poin sebelumnya.

5.Minim informasi Profil

Biasanya seseorang akan menerima permintaan pertemanan dari akun lain jika informasi profilnya jelas ,mulai dari kota asalnya, pekerjaan, pendidikan dan lain-lain. Namun nyatanya ada akun yang informasi profilnya sangat minim, ada yang Cuma namanya saja.

Tentunya ini menjadi tanda tanya karena apa susahnya menulis informasi tersebut untuk memudahkan orang lain mengenalnya. Jika profilnya saja sudah tidak jelas patut dipertanyakan pula keaslian dari akun tersebut.

Demikianlah Informasi seputar Kenali Ciri Akun Facebook Palsu Dengan Mudah Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar