--> Skip to main content

3 Prinsip Dasar Ngeblog yang Membuat Betah Menulis

TAYANGLAGI.WEB.ID – Sekian lama ngeblog kok saya merasa akhir-akhir ini ngeblog itu susah. Trafik sulit diraih, Algoritma Google semakin ketat. Jika menuruti nasihat para master blog rasanya tidak mudah. Bagaimana tidak, panjang artikel misalnya setidaknya 1000 kata jika mau bersaing di Google, artikel unik serta ahli dibidangnya.

Prinsip Dasar Ngeblog

Jujur saja saya jadi bimbang apakah ngeblog yang saya lakukan selama ini sudah benar? Saat saya menulis saya merasa tidak bebas, banyak pertimbangan yang berseliweran dikepala, ini sesuai dengan kata kunci nggak ya, artikel ini bermanfaat tidak ya, bisa masuk page one nggak ya…dan sederet pertimbangan lain. Saya merasa kok mau menulis saja jadi ribet begini?

Padahal Menulis itu sebenarnya sebuah preses kreatif menuangkan ide dalam bentuk tulisan atau dengan kata lain memvisualisasikan ide sehingga bisa dibaca oleh siapa saja. Jadi kalau saya mau menulis tapi idenya dipaksakan harus ini harus itu rasanya menulis kok jadi sebuah beban. Coba kalau menulis artikel itu seperti membuat status facebook pasti akan mudah. Hal ini bisa menunjukkan kalau menulis itu sebenarnya mudah mau diblog atau dimanapun.

Baca Juga : Trafik Blog Menurun, Diperbaiki atau Buat baru lagi?


Beberapa Prinsip Dasar Ngeblog yang Membuat Betah Menulis


1.Kriteria Tulisan yang bagus
Sebuah artikel dikatakan bagus jika penulisnya sudah mengerahkan semua kemampuan menulisnya agar menghasilkan tulisan yang baik. Tulisan orang lain belum tentu bisa menjadi patokan apakah sebuah tulisan itu baik atau tidak karena setiap penulis memiliki gaya sendiri-sendiri ada yang lebih suka pakai bahasa formal, ada yang santai ada pula yang detail.

Seorang bloger jangan pernah menyerah atau malas untuk menulis hanya gara-gara trafiknya belum bagus karena artikel yang bagus tidak bisa dinilai hanya dari sisi trafik. Teruslah menulis sambil membekali diri dengan pengetahuan seputar dunia kepenulisan.

2.Menulis adalah Ketrampilan bukan sekedar Bakat
Ada yang beranggapan kalau menulis itu bakat jadi kalau memang tidak ada bakat berarti tidak bisa jadi penulis. Anggapan ini salah karena menulis adalah sebuah ketrampilan. Masih ingat jaman masuk sekolah SD dulu. Pertama kali pasti tulisannya masih acak-acakan namun karena tiap hari berlatih/belajar lama lama bisa menulis yang bagus bahkan bisa mengarang tulisan sendiri.

Bagi Anda yang ingin ngeblog silahkan saja karena Anda Pasti Bisa ! tinggal bagaimana anda mau berlatih atau tidak. Jujur saya pertama kali saya menulis artikel di blog gaya tulisannya masih acak-acakan namun seiring berjalannya waktu tulisan saya lama lama enak dibaca menurut pembaca tentunya.

Jika Anda baru menulis puluhan artikel teruslah menulis nanti lama kelamaan gaya menulis akan terbentuk dengan sendirinya.

3.Kesuksesan Ngeblog tidak bisa diukur dengan trafik
Harus diakui jika sebuah blog trafiknya tinggi bisa menghasilkan uang yang banyak namun ini bukan satu-satunya indikator sebuah kesuksesan sebuah blog. Bagaimana kalau blognya isinya Cuma download film atau lagu ya jelas trafiknya tinggi tapi apakah pengelolanya berarti jago menulis?

Jika saat ini trafik blog anda masih kecil jangan berkecil hati mungkin saja artikel yang anda tulis pembacanya bersifat khusus atau lebih fokus jadi tidak semua orang tertarik. Mau Bukti ? Ada teman saya yang meski trafik blognya biasa-biasa saja tapi dari artikel diblognya sering menang lomba yang nilainya jutaan rupiah.

Ada juga yang sering mendapatkan tawaran kerja sama dari brand tertentu dengan menulis artikel review yang bayarannya tidak bisa dianggap remeh. Jadi teruslah menulis kreatif sesuai dengan passion anda kalau memang suka menulis seputar tutorial blog lanjutkan singkirkan gangguan yang membuat anda tidak produktif menulis.

Jika Anda menerapkan 3 Prinsip Dasar Ngeblog yang Membuat Betah Menulis  diatas saya yakin Ngeblog menjadi Mudah. Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar