--> Skip to main content

5 Peralatan Ngevlog Wajib Anda Miliki

Peralatan Ngevlog

TAYANGLAGI.WEB.ID – Ngevlog sepertinya  masih menjadi hobi yang populer ditahun 2019 ini terbukti Public figur seperti artis ramai-ramai membuat channel YouTube. Ngevlog atau Orang yang kerjanya sebagai kreator video memang bukanlah pekerjaan yang sulit diera digitalseperti sekarang ini. Dengan sebuah Ponsel Android membuat video jadi lebih mudah.

Video yang sudah dibuat biasanya diunggah keYouTube. Kenapa demikian bukankah ada situs lain yang bisa untuk berbagi video? Ternyata jika seseorang mengunggah video keYouTube kemudian memenuhi syarat tertentu akan menghasilkan uang.

Ini tentu menjadi berkah bagi kalangan artis karena cukup mudah bagi mereka untuk memenuhi syarat tersebut bahkan view 1 video bisa jutaan penonton. Tak heran beberapa kreator video dari kalangan artis penghasilannya bisa puluhan hingga ratusan juta perbulan.

Bagaimana dengan orang biasa apakah punya peluang untuk sukses menjadi seorang vlogger? Sangat mungkin asalkan kreatif contohnya Pak Ndul dengan channel Wagu Waton Guyon miliknya atau channelnya Fikrifadlu.

Mungkin kalian yang tertarik ngevlog akan bertanya-tanya sebenarnya peralatan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang Vlogger?

Baca Juga :Tips Membuat Video YouTube Menarik Minat Penonton
7 Cara Mudah Tembus 4000 Jam Tayang YouTube
Modal HP Bisakah Gajian dari YouTube?

Pada dasarnya peralatan Ngevlog itu tidak banyak tapi kalau mau lengkap akan semakin bagus namun setidaknya peralatan berikut ini Wajib Anda miliki. Cek Info lengkapnya berikut ini :

1.Kamera

Peralatan utama yang wajib Anda miliki adalah kamera, tanpa kamera bagaimana bisa membuat video? Kabar baiknya dengan bermodalkan Kamera Hp sudah memadai dengan catatan spesifikasinya memenuhi syarat. Kamera HP yang layak untuk dijadikan alat merekam video adalah yang resolusinya sudah HD atau High Definition. Ada beberapa resolusi Video HD :

1280 x 720 HD
1440 x 1080 Full HD
1920 X 1080 Full HD
4096 x 3072 Ultra HD 4K
3840 x 2160 Ultra HD 4K

Jika Hp Anda keluaran terbaru kemungkinan besar sudah HD Bahkan 4K silahkan cek resolusi kameranya. Untuk HP keluaran lama minimal resolusinya 1280 x 720. Bagaimana jika resolusinya bukan HD? Sebenarny bisa saja diunggah keYoutube namun penonton YouTube akan lebih menyukai gambar yang tajam/jernih. Jadi sayang bukan kalau Anda sudah upload video tapi jarang yang menonton?

Kamera lainya yang bisa Anda gunakan diantaranya Action Kamera untuk perekaman outdoor seperti pada motovlog atau traveling.

Jika Anda punya modal lebih Silahkan gunakan Kamera Miroless/DSLR dimana kamera ini selain cocok untuk fotografi cocok juga untuk ngevlog. Kualitas Videonya tidak perlu diragukan lagi. Jenis kamera lain yang cocok juga untuk ngevlog adalah Handycam yang memang dirancang untuk merekam video. Harga ke-2 jenis kamera tersebtu memang cukup mahal namun sebanding dengan hasilnya dan cocok untuk seorang Vlogger Profesional. Contohnya Handycam Sony harganya mencapai 2,5 juta. Kamera Miroless Canon M100 4,8 juta.

2.Tripod dan Tongsis

Salah satu ciri video yang bagus adalah kestabilan gambarnya jika goyang-goyang tentunya jadi tidak enak untuk ditonton. Nah agar ketika merekam video gambarnya stabil perlu alat yang bernama Tripod. Nantinya Kamera diletakakn ditripod jadi Anda tak perlu kameramen lagi. Harga Tripod ini bervariasi ada yang murah ada yang mahal namun tripod yang bagus adalah yang Kokoh jadi tidak mudah goyang tertiup Angin.

Tripod ini bisa digunakan saat merekam outdoor maupun indoor. Adakalanya Anda perlu selfi ketika merekam video contohnnya saat anda membuat video traveling atau makan-makan sehingga Anda perlu sebuah Tongsis. Memang tidak semua perekaman menggunakan tongsis hanya jenis video tertentu saja namun tidak ada salahnya untuk menyediakannya.

3.Mic External

Video yang bagus tak bisa lepas dari suaranya atau vocal terlebih lagi video musik/cover. Disinilah peran penting sebuah Mic External karena jika hanya mengandalkan Microphone Bawaan kamera hasilnya akan kurang memuaskan.

Microphone eksternal ini modelnya bermacam-macam ada yang model clip ada pula yang model stand. Microphone yang bagus adalah yang sensitif dan jernih. Itulah mengapa harga Microphone ini ada yang murah ada pula yang mahal.

Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis mircrophone jika dilihat dari diafragmanya yaitu Microphone Condenser, Lavalier Microphone, Shotgun Microphone.
Beberapa Microphone yang sering digunakan untuk Ngevlog : Takstar, Audio TECHNICA, RODE , BOYA, Genius, BM-800

4.Software Editing Video

Untuk bisa menghasilkan video yang bagus tak bisa lepas dari proses editing walaupun bisa saja menggunggah langsung video yang masih polos (Apa adanya) namun menurut saya kurang menarik apalagi jika ada kesalahan saat merekam video.

Coba anda tengok channel-channel populer kebanyakan videonya sudah melalui proses editing mulai dari penambahan intro, outro, backsound, Animasi, Logo hingga efek video atau suara.
Untuk mengedit video diperlukan sebuah software atau aplikasi komputer atau bisa juga Android.

Menurut saya lebih leluasa jika editingnya menggunakan komputer atau Laptop karena fiturnya lebih lengkap apalagi jika menggunakan software premium seperti Adobe PREMIERE pro cc,  Vegas Movie Studio 14, Corel VideoStudio Ultimate X10.

Sayangnya harga dari software premium tidak murah dan spesifikasi komputernya juga harus tinggi. Untungnya ada software editing video gratisan jadi anda tidak perlu membayar tapi meski gratis tapi cukup memadai untuk edit video sederhana dan spesifikasi komputer bisa menyesuaikan.
Bagaimana jika tidak punya komputer? Tidak ada cara lain kecuali menggunakan aplikasi android HP seperti Kinemaster.

5.Studio Mini

Studio YouTube

Dalam sebuah perekaman video terkadang diperlukan sebuah studio mini khususnya untuk perekaman didalam ruangan atau Indoor contohnya ketika membuat video review atau Unboxing. Studio mini ini bisa memanfaatkan ruangan dalam rumah anda misalnya ruang tamu atau meja kerja.

Buatlah Tampilan studio mini sebagus mungkin atau kalau ingin mudah cukup dengan duduk didepan Dinding rumah anda dengan background warna yang mencolok misalnya hijau. Faktor pencahayaan juga penting untuk itu diperlukan lampu atau Lighting.

Jika punya modal lebih bisa membeli peralatan Lighting tapi jika ingin hemat bisa membuat lighting sendiri dengan lampu LED.

Bagaimana Tertarik untuk Ngevlog?  Tunggu apalagi buat video sekarang juga!    
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar