--> Skip to main content

5 Pertimbangan Sebelum Membuat Blog

TAYANGLAGI.WEB.ID Hari Gini Belum Ngeblog, Ketinggalan Zaman Broo!. Saya rasa ungkapan ini ada benarnya juga karena sebuah Blog ternyata memiliki banyak manfaat mulai dari menyimpan informasi secara online, Branding sampai mendapatkan penghasilan. Itulah mengapa sudah saatnya Anda memiliki blog dan nikmati manfaatnya.
membuat blog

Jika Anda tertarik untuk membuat blog sekarang sebaiknya menyimak artikel yang berjudul 5 Pertimbangan sebelum membuat blog selengkapnya karena saya akan membagikan tips berdasarkan pengalaman saya mengelola blog selama 7 tahun. Blog yang sedang anda kunjungi ini merupakan salah satu blog dari sekian banyak blog yang saya miliki dari yang gratisan sampai berbayar.

BACA JUGA : Saya Bangga Menggunakan Domain Indonesia 

Jika sedari Awal langkah-langkahnya sudah tepat saya yakin kedepannya akan lebih mudah dalam mengelola blog yang Anda buat. Baiklah Berikut ulasan selengkapnya :

1.Money Blog atau Just Sharing
Pertimbangan pertama yang perlu Anda lakukan sebelum ngeblog adalah apakah blog tersebut nantinya akan digunakan untuk mencari penghasilan dari internet atau hanya sekedar untuk menyalurkan hobi menulis atau Just sharing layaknya membuat status dimedia sosial.

Keduanya meskipun kelihatannya sama namun pada prakteknya akan ada perbedaan. Saya ambil contoh misalkan blog tersebut akan digunakan untuk menjual barang secara online tentunya akan lebih baik jika menggunakan domain berbayar atau hostingnya juga.

Namun jika blog tersebut hanya untuk menyalurkan hobi atau melatih menulis saya rasa blog gratisan sudah cukup memadai walaupun kalau mau menggunakan domain berbayar juga tidak masalah namun dari sisi teknis lebih rumit ngeblog dengan mennggunakan domain berbayar apalagi menggunakan hosting berbayar.

2.Mesin Blog yang Cocok
Sekarang ini membuat blog relatif mudah tanpa harus menguasi ilmu IT atau program komputer karena ada mesin blog atau CMS seperti Wordpress atau blogspot. Secara garis besar sebenarnya siapa saja boleh menggunakan mesin blog tesebut namun menurut saya jika Anda masih pemula saya sarankan untuk membuat blog gratisan dulu seperti di Wordpress.com atau di blogger.com.

Jika Anda mulai mahir menulis atau memahami teknis blog bolehlah menggunakan mesin blog yang lebih komplek seperti Wordpress Self Hosting.

3.Topik Blog
Nah…poin ke-3 ini juga turut andil dalam perkembangan blog yang anda buat. Jika topik blognya anda kuasai tentunya akan lebih mudah dalam membuat artikelnya begitu juga sebaliknya. Saran saya buatlah topik blog yang sesuai dengan bakat, minat, hobi atau yang berhubungan dengan profesi saat ini.

Pertanyaan menariknya adalah apakah satau blog isinya 1 topik saja atau lebih dari satu topik? Menurut saya sih keduanya sama-sama bagus namun jika anda ingin lebih produktif sebaiknya membuat blog dengan beragam topik atau istilahnya blog gado-gado [General Niche].

4. Skill Menulis
Menulis di blog kelihatannya mudah namun jika belum terbiasa terasa sulit karena memang gaya menulis belum terbentuk tapi percayalah jika Anda sering menulis lama-lama tulisan anda akan memilki ciri khas dan setiap bloger belum tentu sama.

Terapkan gaya menulis bebas terlebih dahulu artinya tulislah yang memang ingin anda tulis. Kembangkan ide-ide yang muncul dipikiran menajadi sebuah tulisan sambil terus belajar bagaimana membuat sebuah tulisan yang baik. Namun pada prinsipnya apa yang akan anda sampaikan dipahami oleh pembaca.

5. Pengelolaannya
Idealnya membuat blog itu yang menulis artikel anda sendiri apalagi blog pribadi namun ada kalanya anda memerlukan tim untuk mengelolanya khususnya jika blog tersebut digunakan untuk mencari penghasilan misalnya blog portal berita kalau ditangani sendiri ya kewalahan.

Jika blog dikelola sendiri tidak akan banyak masalah namun perkembangan blog sepenuhnya ditangan anda. Jika Anda rajin menulis lebih cepat berkembang tapi kalau malas jangan harap akan cepat maju. Namun jika melibatkan tim anda harus jeli memilih orang-orangnya salah pilih misalnya penulis yang tidak kredibel tentunya hasilnya akan mengecewakan.

Demikianlah informasi seputar 5 Pertimbangan Sebelum Membuat Blog Semoga bermafaat untuk Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar