--> Skip to main content

Cara Benar Melelehkan Mentega Dalam Membuat Kue

Mentega

TAYANGLAGI.WEB.ID – Saat Anda membuat kue biasanya dalam resepnya ada bahan mentega dan tentu bukan mentega yang masih padat tetapi harus dicairkan atau dilelehkan terlebih dahulu. Salah satunya pada pembuatan martabak mini ada beberapa resep yang menggunakan mentega. Pemberian mentega cair dalam adonan memang cukup mempengharuhi hasil. Mentega dalam adonan berfungsi membantu proses pengembangan dan memperhalus pori-pori kue serta memberikan warna kuning alami.

Saya pikir semua juga tahu cara melelehkan mentega namun ternyata tidak asal memanaskan dalam pan namun perlu cara yang benar agar nantinya mentega bisa berfungsi dengan baik sehingga kue yang dihasilkan juga cantik. Pernahkah Anda melelehkan sampai warnanya mirip minyak goreng? Ternyata hasil seperti itu kurang tepat.

Lalu Bagaimana cara melelehkan mentega yang benar? Nah... pada kesempatan kali ini saya akan membagikan caranya yang saya kutip dari situs Sajian Sedap. Berikut informasinya :

Cara Benar melelehkan Mentega adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan api yang sangat kecil saat melelehkan mentega. 
  2. Potong mentega dalam ukuran kecil agar tak membutuhkan waktu yang lama untuk melelehkannya. 
  3. Melelehkan mentega tak perlu sampai mendidih, cukup asal leleh saja,Bila sebagain besar mentega sudah leleh segera angkat lalu Aduk-aduk sampai mentega yang belum leleh ikut leleh juga jadi tak perlu menunggu sampai semuanya meleleh. Oke!
  4. Melelehkan mentega dalam pembuatan kue lebih baik dilakukan menjelang masak sehingga air dan lemaknya tidak keburu terpisah.


Bagaimana cukup mudah bukan melelehkan mentega yang benar, bisa jadi selama ini cara yang Anda lakukan salah dan setelah membaca artikel ini Anda jadi tahu.

Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar