--> Skip to main content

3 Jenis Sistem Speaker No 3 Banyak Penggemarnya

Jenis Sistem Speaker

TAYANGLAGI – 3 Jenis Sistem Speaker No 3 Banyak Penggemarnya - Bagi Audio mania tentunya belum lengkap kalau belum memiliki sebuah sistem speaker yang joss. Faktanya dipasaran terdapat banyak pilihan sistem speaker baik yang pasif maupun aktif. Pada dasarnya semua fungsinya sama hanya saja kualitas suara yang dihasilkan tergantung dari jenis sistem speakernya.

Inilah yang terkadang membingungkan terutama bagi yang akan membeli perangkat speaker karena semua produsen mengklaim suaranya paling yahud. Terkadang ada yang kecewa karena ternyata sistem speaker yang dibelinya tidak sesuai dengan ekspetasi awal sebelum membeli.

Seringnya hanya terkecoh dengan angka-angka yang besar daya PMPO nya atau hanya melihat bodinya yang besar saja tanpa memperhatikan faktor teknis. Padahal  baik buruknya kualitas speaker tergantung dari jeroannya bukan sekedar Bentuk fisiknya saja.

Nah...pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi seputar 3 Jenis Sistem Speaker yang bisa Audio Mania jadikan referensi sebelum membeli sistem speaker ini. Berikut Informasi selengkapnya :

3 Jenis Sistem Speaker

1.Speaker Fullrange (1 Way)

Sistem speaker yang satu ini hanya mengandalkan sebuah (Single) driver namun mampu menghasilkan frekuensi rendah hingga tinggi. Karena hanya menggunakan sebuah driver, dalam pembuatan kotaknya dibuat desain khusus tidak seperti speaker kebanyakan.

Sistem speaker ini cocok sekali bagi audio mania yang menginginkan desain speaker yang minimalis. Sayangnya tidak mudah mendapatkan sistem speaker jenis ini dipasaran dan kalau ada juga harganya mahal.

Untuk mengetahui informasi yang lebih rinci silahkan baca arikel berikut ini Pengertian Speaker Fullrange

2.Speaker 2 Way

Sistem speaker ini menggunakan 2 driver yang berbeda dalam sebuah kabinet atau box. Jenis drivernya terdiri dari Woofer dan Tweeter. Dengan menggunakan 2 driver ini maka frekuensi rendah (40 HZ hingga 1 Khz) dan tinggi (2 khz – 20 khz) akan didistribusikan kemasing-masing speaker sehingga lebih detail suara yang dihasilkan. Driver Woofer untuk merespon frekuensi rendah atau Bass sedangkan twitter untuk merespon frekuensi tinggi.

3.Speaker 3 Way

Sistem speaker ini cukup lengkap drivernya karena menggunakan 3 jenis driver yang berbeda dengan tambahan driver midrage. Jadi komposisi lengkapnya Woofer, Midrange dan Twitter. Dengan tambahan driver midrange yang mengcover frekuensi menengah 300 hz hingga 5 khz memberikan keuntungan pada vokal yang lebih jelas.

Sistem speaker ini banyak diaplikasikan untuk sistem speaker floorstanding dengan ciri khas deretan diriver  yang terkadang menggunakan Woofer ganda.

Demikianlah informasi seputar 3 Jenis Sistem Speaker No 3 Banyak Penggemarnya Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar