--> Skip to main content

5 Kelebihan Speaker Aktif Rakitan


TAYANGLAGI.WEB.ID – Bagi pecinta audio kalau belum memiliki perangkat speaker aktif rasanya kok serasa ada yang kurang. Memang benar dengan memiliki speaker aktif sama saja memiliki sebuah sound sistem rumahan yang cukup memadai. Apalagi fitur speaker aktif yang ada dipasaran semakin komplit sehingga semakin menguntungkan.

Sayangnya harga speaker aktif yang fiturnya komplit harganya relatif mahal diatas 1 jutaan. Bagi sebagian audio mania mungkin tidak terjangkau dikantong sehingga keinginan untuk memilikinya hanya disimpan saja.

Ada satu cara untuk mewujudkan keinginan untuk memiliki sebuah speaker aktif yang fiturnya lengkap namun harganya lebih terjangkau yaitu dengan cara merakit speaker aktif sendiri atau istilahnya speaker aktif rakitan.

Hal ini sangat mungkin karena komponen atau modulnya sudah banyak tersedia dipasaran bahkan dimarketplace juga ada. Jadi Anda tinggal memilih modul-modul sesuai keinginan Anda lalu Anda rakit. Tapi perlu Anda catat untuk merakit speaker aktif dibutuhkan keahlian dibidang elektronika minimal menguasai dasar-dasarnya saja.

Jika Anda memilih Speaker aktif rakitan, Ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang akan Anda dapatkan. Berikut ini informasi selengkapnya: 

1.Budget Menyesuaikan

Enaknya merakit speaker aktif itu budgetnya bisa menyesuaikan dengan yang anda punya jika hanya punya uang 500 ribu tentunya akan memilih modul yang harganya masuk. Secara garis besar jika speaker aktif memiliki daya output yang besar maka kit nya akan semakin mahal. Begitu pula dengan kit power supplynya.

2.Spesifikasi Terbaik

Jika Anda memiliki modal yang memadai Anda bisa memilih kit-kit yang terbaik sehingga nantinya speaker aktif rakitan anda tak kalah dengan speaker aktif pabrikan. Misalkan Anda memilih kit speaker aktif yang dayanya besar, built ini sub woofer atau karaoke hingga bluetooth.

Anda bisa bebas memilih apakah menggunakan kit yang penguat akhirnya dengan transistor atau IC. Begitupula dengan ukuran drivernya dan kotaknya mau yang sekalian besar atau yang sedang.

3.Bisa Nyicil

Kelebihan jika dari speakar aktif rakitan adalah membeli komponen atau kitnya bisa bertahap tidak harus langsung semua jadi cocok untuk yang dananya pas-pasan. Misalkan beli kit amplifiernya dulu baru beli kit power suply, kemudian drivernya baru kotaknya.

Dengan membeli komponen bertahap jadi tidak terasa sudah bisa memiliki speaker aktif idaman. Tak masalah meski harus sabar menunggu sampai semua komponen siap untuk dirakit.

4.Bisa dimodifikasi

Jika bosan dengan performa speker aktif rakitan yang sekarang, Anda bisa memodifikasi speker aktif sesuai keinginan misalkan mengganti jenis penguatnya atau mengganti loudspeakernya bahkan kotaknya bisa anda ganti.

Dengan modifikasi diharapkan speaker aktif Anda tampil beda sehingga tidak membosankan. Penggunakan kit pada speaker aktif memudahkan untuk memodifikasinya cukup membeli kit yang baru sesuai keinginan Anda.

5.Bebas Memilih Desain

Salah satu pertimbangan ketika memilih speaker aktif adalah desain kotaknya. Ada yang floorstanding, bookshelf, mau berbentuk kotak menjulang atau bujur sangkar. Jika Anda bisa membuat kotak speaker sendiri tentunya akan lebih unik karena bisa membuat desain kotak speaker sesuai keinginan Anda.

Tapi kalau memilih membeli kotak speker aktif yang sudah jadi tentunya Anda hanya bisa memilih yang ada dipasaran.

Itulah 5 kelebihan speaker aktif rakitan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar