--> Skip to main content

Perbandingan Blogspot dan Wordpress Self Hosted

TAYANGLAGI.WEB.ID – Apa yang harus Anda Pikirkan sebelum mulai ngeblog?- Salah satunya adalah platform blog yang akan anda gunakan. Untuk saat ini setidaknya ada 3 platform ngeblog yang paling banyak digunakan yaitu Blogspot, Wordpress com dan Wordpress self hosted [org]. Ketiganya fungsinya sama yaitu menampilkan tulisan anda secara online sehingga bisa diakses orang lain melalui blog. Namun jika dicermati ada beberapa perbedaan yang mendasar.
BLOG

Saya sendiri pertama kali membuat blog lebih memilih platform blogspot bahkan masih berlangsung hingga sekarang. Namun untuk menambah skill teknis blogging saya juga mencoba membuat blog dengan mesin wordpress com dan keduanya gratisan sehingga rasanya kok rugi kalau saya tidak mencobanya. Tak hanya itu saya juga mencoba tantangan baru dengan membuat blog dengan platform wordpress berbayar [hosting sendiri].

Setelah saya merasakan sendiri mengelola blog dengan  3 platform yang berbeda saya jadi tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga saya bisa memilih mana yang cocok untuk saya. Pilihan blogger lain bisa saja berbeda karena cara pandangnya mungkin berbeda.


Perbandingan Blogspot dan Wordpress Self Hosted Yang Perlu Anda Ketahui


Nah..untuk menambah wawasan Anda pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info seputar perbandingan blogspot dan Wordpress Self Hosted. Kenapa hanya membandingkan 2 saja sedangkan wordpres.com tidak karena menurut saya 2 platform ini yang paling banyak digunakan khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog.

Blogspot

Platform ini tidak hanya diminati pemula saja yang sudah mahirpun masih banyak yang lebih memilih blogspot bahkan master blog sekelas Adhy Suryadi owner Kompiajaib.com hingga detik ini masih menggunakan platform blogspot. Oh ya jika dilihat dari domainnya bisa dibedakan menjadi 2 yaitu blogspot yang menggunakan domain gratisan dan blogspot yang menggunakan domain berbayar contohnya blog ini sebelum menggunakan domain berbayar [TLD] URL nya tayanglagi.blogspot.com setelah berpindah menggunakan domain sendiri menjadi tayanglagi.web.id

Secara garis besar keunggulan blogspot adalah :
  1. Domain dan hostingnya gratis jadi tidak perlu mengeluarkan biaya kecuali jika anda ingin custom domain menggunakan domain berbayar sehingga cocok sekali untuk pemula.
  2. Unlimited, Anda bisa bebas menerbitkan artikel atau mengunggah gambar tanpa kehabisan disk space hosting.
  3. Pengelolannya mudah baik ketika menulis artikel, mengunggah gambar maupun mempercantik desain.
  4. Keamanannya terjamin karena dimilIki oleh raksasa Google.
  5. Bisa membuat banyak blog dalam 1 akun
  6. Tidak ada pinalti meskipun blognya tidak aktif tidak seperti hosting gratisan lainnya.

Sedangkan kelemahan dari blogspot adalah:
  1. Kontrol domain dan hosting tidak sepenuhnya ditangan anda karena dibatasi oleh kebijakan yang sudah ditetapkan Google.
  2. Sewaktu-waktu bisa dihapus Goolge walaupun jarang terjadi. Asalkan mematuhi kebijakan kemungkinan besar Aman.
  3. Sensitif terhadap hak cipta jadi jangan coba-coba mengcopas artikel, mengambil gambar dengan melanggar hak cipta karena mudah dilaporkan dan resikonya dihapus.


Wordpress Self Hosted

Empat tahun menggunakan blogspot sayapun memutuskan untuk membangun blog dengan platform wordpress Self Hosted. Untuk keperluan ini saya membeli paket domain dan hosting dan harus dibayar dimuka yang berlaku 1 tahun. Saya merasakan perbedaan yang mendasar ketika mulai ngeblog dengan pltaform Wordpress Self Hosted dibandingkan dengan blogspot.\

Kelebihan
  1. Didukung developer dunia seperti Plug in, themes yang mampu meningkatkan performa blog
  2. Multifungsi, wordpress tidak hanya digunakan untuk blog saja tapi bisa juga untuk forum, blog membership, toko online, landing page dan masih banyak lagi
  3. Kontrol sepenuhnya ada dipengguna selagi biaya domain dan hosting dibayar maka blog akan selalu aktif. Meskipun ada kebijakan disetiap penyedia hosting namun aturannya tidak seketat jika menggunakan blogspot.
  4. Optimasi SEO lebih mudah

Kekurangan
  1. Biayanya relatif mahal untuk kelas pemula.
  2. Semakin besar disk space biayanya semakin mahal
  3. Kontrol sepenuhnya ditangan anda sehingga kalau ada apa-apa harus diatasi sendiri walaupun ada cs hosting namum biasanya lebih kepada akses atinya kalau bisa diakses berarti tidak ada masalah Sedangkan untuk urusan desain, pengelolaan blog, back up dan lain-lain dilakukan sendiri.
  4. Lebih cocok untuk blogger profesional
  5. Teknisnya selalu berkembang sehingga blogger dituntut selalu update.

Demikianlah penjelasan singkat seputar Perbandingan Blogspot dan Wordpress Self Hosted Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar